Selasa, 18 Desember 2018

Bersihin Sensor Kamera Sony a7s

 
Sudah sebulan terakhir rencana mau mbersihin sensor kamera terkendala terus. Akhirnya hari ini kudu terlaksana, meski kaki, betis masih pegel sisa suting 4 hari berturut-turut. Dia yang juga bekerja keras (baca: kamera)  juga kudu dimanjain, dibersihinlah sensor serta lensa pasangan setianya. 

Kembali ke Pasar Baru, Jakarta Pusat, tempat banyak sekali service kamera dan penjualan kamera. Tenang saja semua rata-rata harga sama rata, tanya dulu aja lebih baik kisaran harga dari masalah kamera jika mau service. Kebetulan saya cuman mau mbersihin sensor karena udah kotor sepulang suting dari sulawesi bulan kemarin dan menimbulkan noda hitam di gambar. 

Kalo kemarin masih 75 ribu, sekarang diangka 100 ribu. Masih terjangkaulah mbersihin sensor lensa uang udah nempel stabilizer di dalam bodynya. Kalo saya misal udah ga  bisa diblower ya bawa ke pasar baru aja tempat bersihin sensor kamera di jakarta. 

Saya ke Kurnia kamera, langsung ke masnya yang tiap hari utak atik kamera. Sebelumnya tanya mbaknya dulu. Iseng nawar, mas kok ga 75ribu lagi. Eh dia jawab kalo mau ya pego sekalian maksidnya 150 ribu, ketawa deh. Ya udah, untuk sensor saya ga mau banyak ketawa kalo udah kotor suka sedih di akhir. Padahal cuma lap tipis2 seperti banyak tutorial di YouTube tuh. Sekitar 15 menit saya hitung, lumayan tebal juga itu noda hitam, karena memang medan laut pasir Debu kemarin jadi lahan basah buat jamur di sensor. Setelah beberapa kali dilap, saya coba dulu,mas nya sempet bilang, jangan kaget kalo kayak baru lagi. Ah sing penting hilang itu titik hitam bang.

Saya tes dulu di tembok putih, eh udah hilang itu titik hitam. Di rumah saya tes lagi, aman. Ini kamera siap bertempur lagi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita buat semua ini menyenangkan.