Senin, 19 Februari 2007

D'Bijis Jadilah Dirimu Sendiri

Sinopsis, Asti (VJ Rianti) mencoba untuk memenuhi impian kakaknya Bonie (Darius) yang ingin tetap bandnya The Bandits tetap utuh. Setelah 13th menghilang akhirnya Asti berhasil mempertemukan kembali semua personilnya dari mulai Damon (Tora Sudiro) sang gitaris yang sekarang berprofesi sebagai bartender di klub dangdut, lalu Gendro (Indra Birowo) yang menjadi pengangguran dan telah berkeluarga, Bule (Gery Ishak) bassis The Bandits yang telah berubah total memilih jalan hidupnya menjadi seorang waria. serta Souljah yang malu akibat mengalami obesitas. Dalama mewujudkan cita-cita kakaknya Asti mengalami banyak halangan mulai dari Souljah yang awalnya tidak mau ikut ngeband sampai masalah intern masing-masing personel The Bandots, juga masalah Gendro dengan istrinya. Sudah bisa ditebak bahwa akhirnya semua maslah akan teratasi dalam film ini.

Film garapan dari sutradara Rako Prijanto yang juga pernah menggarap film Ungu Violet ini kalo saya bilang memang cukup menghibur. Sebuah drama yang diselingi dengan komedi, selama nonton film ini banyak penonton di Mataram Theatre yang tertawa lepas melihat adegan-adegan gokil yang dilakukan aktor-aktor yang sudah pasti kita kenal lewat akting-aktingnya.
Kharakter-kharakter yang ada dalam film ini memang cukup unik, kalo diperhatikan bahwa umur mereka yang sudah tua (dalam film ini) masih memiliki sifat2 anak mudanya, malah terkesan muda sekali padahal ketika mereka muda umur mereka sudah nambah 13th. Malah Asti yang dulu masih kecil setelah nambah 13th menjadi dewasa sekali, gak tau apa karena ia perempuan jadi lebih dewasa. juga selain umur mereka yang tua semakin menjadi ada seorang Bule yang doperankan Gery Ishak yang paling menhibur selama film ini, seorang anak band rock yang berubah total menjadi banci. dalam film ini tidak dikasih tau mengapa Bule menjadi banci, saya masih bingung.
Seperti yang pernah saya baca pada majalah film ternama di Indonesia bahwa sang penulis Mba Titien Watimena yang jga menulis beberapa judul film seperti Tentang dia Mengejar Matahari dan yang terbaru Badai Pasti Berlalu bahwa ia ingin menguatkan drama yang menyentuh penonton lebih kesisi persahabatan mereka. Yach memang bagus penuturan mba Titien untuk sebuah persahabatan, tapi sepertinya mba Titien lebih mengharukan ke sisi kehidupan masing-masing karakter yang ada. Untuk soal persahabatannya saya anggap biasa dengan konflik yang ada, maaf ya mba Titien tapi anda terlihat lebih bagus untuk persahabatan antara Rudi dan Gadis di Tentang Dia mulai dari penuturan konflik, alur pokoknya mantabh. tapi saya ngasih empat jempol untuk penuturan karakter dengan idealisme mereka dalam bermusik sangat nyata.
Yang menarik dalam film D'Bijis ini selain musik dan lagunya yang digarap oleh Bongki BIP adalah visual yang indah, gambar-gambar yang didukung oleh artistik yang sangat menarik. Salut buat penata busana, artistik serta fotografinya.
Untuk film dengan balutan musik ternyata D'Bijis bagus juga meski sedikit garing karena vokal pengisi lagu tidak diisi langsung oleh pemain (kita sudah mengenal karakter suara dari darius) tapi tetep keren gaya-gaya para pemain The Bandits ketika diatas panggung apalagi Bonie.
Saya juga suka dengan penggambaran tokoh Bonie yang selama film ini merupakan orang dengan kharisma tinggi meminjam istilah Gendro "hanya Soekarno yang bisa ngalahin kharismanya", seorang leader dan idealismenya terhadap musik menjadi nilai tersendiri. dengan tehnik sinematografi yang keren penggambaran tokoh ini menjadi sangat hidup. Salut buat Mas Rako. sampai2 gitar bonie dijadikan judul film ini D'Bijis meski saya agak bertanya2.
Sesuai dengan motto film ini "temuilah dirimu, jujur sama dirimu dan kejar mimpimu" film ini memang pas ditonton bareng teman2 dibulan Februari ini.

Yang beda dalam film D'Bijis:
  • penata busananya
  • adegan tora latihan suara dengan menjepit anunya. unik dan bikin seluruh penonton ketawa
  • adegan saat merayu Bule untuk ngeband kembali (meski film komedi kayaknya garing lho, dengan lampu yang merah ijo, biru)


Situs Resmi D'Bijis:klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita buat semua ini menyenangkan.

Google+ Badge