Sabtu, 28 Juni 2008

Empat Points menjadi Profesional TV/Filmmaker

Sebagai seorang profesional Video maker atau Filmmaker, kita seringkali harus bekerjasama dengan berbagai profesional lain (kru, DOP, Produser, Sutradara, Penulis Skenario,Penata Artistik, dll) dalam proyek dan produksi yang berbeda-beda. Dan keberagaman ini sangat penting untuk tetap menumbuhkan kreativitas seni visual yang "Fresh" dan "Different" sehingga hasil akhirpun menjadi sebuah karya yang sesuai dengan production design yang diinginkan. Untuk itu, bila anda ingin maju, sebaiknya hindari bekerjasama dengan tim langganan yang itu-itu saja. Atau bila sudah ada tim yang solid, cobalah bereksplorasi dengan profesional lain untuk mendapatkan penciptaan-pencipta an baru. Steven Spielberg saja, tidak pernah mempunyai langganan tim produksi yang solid.
Bahkan dalam karyanya Schinder List, Spielberg justru bekerjasama dengan profesional
dokumentaris yang kuat dalam produksi dokumenter.. ..

Kunci utama keberhasilan sebagai seorang profesional ada Empat Points:

1. Skill
2. Network
3. TeamWork
4. Etika

Skill, ini persyaratan utama. Anda wajib menguasai skill dalam bidang profesi anda baikuntuk teknis maupun non teknis. Biasanya Skill bisa dipelajari di berbagai sekolahTV/Film, bisa juga dengan berguru pada para senior dan mencari pengalaman.Sedangka n Networking dibutuhkan agar anda masuk ke dalam jaringan industri yang mengakui skill anda. Kalau sudah mendapatkan Network maka yang diuji adalah kemampuan anda untuk Team Work dengan tim produksi yang selalu berbeda, bukan hanya dengan orang yang itu-itu saja. Kalau anda tidak dapat bekerjasama dengan orang lain, maka Networking ini akan terhenti dengan sendirinya. Dan anda tidak diakui lagi sebagai seorang Profesional. Yang terakhir adalah Etika! nah ini sering dilupakan oleh para tv maker/filmmaker instant yang terburu-buru ingin segera tampil sebagai profesional. Etika ini tumbuh dari bawah, bila anda memulai karir anda sebagai seorang asisten produksi atau kru unit atau kru lighting dsb maka anda akan merasakan bekerja sebagai kru dilapangan. Ini akan menumbuhkan rasa solidaritas dan etika ketika anda menjadi profesional. Bila tidak, anda akan terbuang dari industri hanya karena tidak punya etika yang baik. Etika ini juga termasuk dengan tata cara bekerja, menjaga kepentingan klien, tata bahasa, menjaga networking dengan para senior, dsb.

Sesungguhnya banyak anak2 muda kreatif bahkan punya modal finansial yang kuat untukmaju. Tapi mereka terjungkal karena tidak dimodali keempat points diatas. Sekarang saja,puluhan ribu anak2 muda kuliah broadkast, komunikasi dan film di dalam dan diluar negeri. Ratusan lainnya membeli peralatan digital dan langsung berkarya.... namun bila tidak ada Skill, Network, TeamWork dan Skill... you will be gone no matter what.....

Semoga bermanfaat
Salam
Naratama

Dari naratama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita buat semua ini menyenangkan.

Google+ Badge