Jumat, 05 Maret 2010

Keindahan dan Keajaiban Pandora

Siapa yang tidak mengagumi alam Pandora, perpaduan antara sebuah keindahan dan keajaiban. Dunia ciptaan James Cameron itu memang sangat memanjakan mata dengan pemandangan panorama keindahan planet Pandora. Memang tempat seperti yang ada dalam film Avatar tersebut membuat orang sangat ingin mengunjunginya. Pandora memberikan sebuah motivasi dan inspirasi yang mampu membuat orang ingin mengunjunginya. Melihat keindahan alamnya, menikmati keajaiban alam dan kehidupan yang ada di Pandora. Namun itu hanya Pandora, sebuah kenyataan yang memberikan kesimpulan bahwa tempat seperti itu hanya ada di film, kita hanya bisa menikmati Pandora dari olahan digital pada sebuah layar.

Kita bisa tahu bagaimana beberapa film berhasil memberikan motivasi orang untuk mendatangi lokasi syutingnya, karena keberhasilan film-film tersebut maka daerah yang pernah dijadikan lokasi syuting itu menjadi tempat wisata populer yang sering dikunjungi wisatawan. Mereka ingin datang setelah melihat pemandangan indah dari film yang pernah mereka tonton. Yang paling terkenal adalah Angkor Wat, kawasan candi di Thailand ini menjadi semakin ramai dikunjungi wisatawan karena dijadikan lokasi syuting film Tom Raider. Ada juga film yang dibintangin oleh Leonardo di Caprio, The Beach, sebuah kawasan pantai Phi-phi Island menjadi ramai setelah lokasi tersebut dijadikan lokasi syuting. Masih banyak lagi film yang memberikan motivasi bahkan inspirasi seseorang untuk mendatanginya. Beberapa orang ingin pergi ke New Zealand setelah melihat keindahan alam kaum Hobbit di film The Lord of The Ring, ada juga yang ingin pergi ke Austria setelah melihat film Before Sunrise dan Before Sunshet. Bahkan gara-gara Laskar Pelangi Pulau Belitong menjadi tempat wisata favorit, mudah-mudahan Bali menjadi semakin terangkat setelah dijadikan lokasi film Pray, Eat and Love yang dibintangi Julia Robert.

Kemudian apakah nasib Pandora bisa menjadi seperti New Zealand yang bisa menjadi tempat wisata setelah ada film TLOTR atau Angkor Wat yang menjadi semakin ramai setalah film Tom Raider. Apa yang bisa dilakukan setelah terpana melihat keindahan Pandora pada film Avatar. Kita hanya bisa terdiam, membayangkan tempat seperti Pandora bisa dikunjungi kemudian berharap ada paket wisata yang ditawarkan menuju Pandora. Hanya membayangkan.

Pandora merupakan sebuah planet dengan jarak tempuh dari bumi membutuhkan waktu selama 5 tahun 9 bulan 22 hari. Alat tranportasi yang digunakan menuju Pandora adalah sebuah pesawat khusus yang bernama Cryo. Perbedaan atmosfir Pandora dengan Bumi membuat orang yang datang harus menggunakan masker khusus. Tanpa masker tersebut 20 detik pertama kita bisa pingsan kemudian setelah 4 menit dipastikan akan meninggal.

Ada program Avatar yang memungkinkan kita bisa menjelajahi Pandora tanpa masker. Avatar merupakan program penelitian biologi yang menghasilkan satu media berupa tubuh makhluk hidup, tubuh itu kemudian bisa dikemudikan oleh manusia melalui ruang koneksi. Avatar merupakan program yang dirancang dari DNA manusia dipadukan dengan DNA mahluk pribumi Pandora atau Na'vi. Namun sayang sepertinya untuk mempunyai sebuah Avatar kita harus memilki dana yang cukup banyak, Program Avatar sepertinya memerlukan biaya yang cukup mahal. Jika pernah melihat robot pengganti di film Surogates maka program Avatar hampir sama seperti robot pengganti yang ada Film Surogates. Kalau di Surogates merupakan koneksi manusia dengan robot, sedangkan Avatar merupakan penyatuan koneksi tubuh menggunakan penyelarasan DNA dan saraf manusia.

Banyak hal-hal menarik yang bisa ditemukan di Pandora. Pohon-pohon di Pandora memiliki hubungan satu sama lain atau transduksi melalui akar-akarnya yang menghubungkan pohon-pohon tersebut. Beberapa tumbuhan juga memiliki aliran elektrik yang bisa memberikan cahaya yang sangat bagus di malam hari. Binatang di Pandora memiliki keunikan pada kaki depannya, setiap binantang memiliki sepasang kaki lagi tepat disebelah kaki depannya jadi jumlah kaki binantang kalo di Bumi memiliki empat kaki di Pandora memiliki 6 kaki. Ada Thanator yang merupakan hewan seperti Harimau di bumi atau Ikran binatang terbang mirip burung Naga. Binatang-binatang tersebut bisa dikendalikan dengan Sa’helu, Sa'helu merupakan penyatuan ikatan dari orang pribumi dengan binatang yang mereka pilih dan binatang itu juga memilihnya.

Selain tumbuhan dan binatangnya Pandora juga mereka memiliki bibit pohon suci yang bisa terbang, menurut kepercayaan mereka ada roh suci yang berada di dalam bibit pohon tersebut. Roh suci tersebut adalah Eywa, Dewa yang menjaga keharmonisan Pandora.

Mata kita bisa terpana melihat keajaiban yang ada di Sektor 26, pegunungan Hallelujah Pandora. Sebuah gugusan pegunungan hijau lengkap dengan air terjun yang melayang-layang. Atau jika melihat Pohon suci dari Eywa yang mampu memberikan kehidupan.

Pandora memiliki penduduk pribumi yang disebut Na’vi. Na’vi ini mahluk yang melebihi tinggi manusia biasa, memiliki tubuh dengan tulang yang sangat kuat, tulang dengan serat karbon alami membuat mereka bisa berlari diantara dahan-dahan pohon. Bentuk tubuh mereka lebih mirip seperti manusia kucing dengan daun telinga yang lancip dan memiliki garis pada tubuhnya juga ekor. Pada tubuh Na’vi juga memiliki aliran elektrik yang bisa mengeluarkan cahaya pada malam hari. Mereka juga mempunyai senjata yang sangat kuat, sebuah panah beracun yang akan langsung bisa membunuh sasarannya. Di Pandora ada beberapa suku Na’vi yang hidup di beberapa daerah terpisah. Setiap suku atau klan memiliki Omaticaya yang menjadi pimpinan mereka.

Kita bisa melihat perkampungan Na’vi dari suku atau klan Jarhead yang berada di sector 12. Perkampungan mereka berada pada sebuah pohon yang sangat besar. Di pohon itulah mereka melakukan rutinitas dalam kesehariannya. Namun sekarang sector 12 dengan pohon besarnya sudah rusak, sudah tidak ada lagi keindahan yang ada.

Jika Bumi memiliki kekayaan alam yang cukup melimpah. Pandora memiliki sesuatu yang sangat menarik. Unobtanium, sebuah batu yang memiliki harga 20 juta per kilogramnya. Karena Unobtanium inilah akhirnya alam Pandora menjadi rusak. Bagian terbesar berada pada daerah sector 12 yang memiliki unobtanium terbanyak pada bagian bawah perkampungan klan Jarhead.

Keindahan, keajaiban hanya ada di Pandora. Alamnya, pohon-pohon yang bersinar dimalam hari. Penduduk pribuminya yang menyatu dengan alam begitu menampilkan keharmonisan alam dengan kehidupannya. Jadi setelah melihat keindahan Pandora apakah anda termotivasi untuk berada ditempat seperti itu. Kalau saya, tak pernah menyangka membayangkan bisa pergi ketempat itu, jika memang ada tempat seperti itu, akan kulangkahkan kakiku menuju kesana, aku bisa melihatnya. Menaiki Thanator seperti seorang Na’vi warior atau terbang bersama Ikran menjelajahi alam Pandora sebagai manusia langit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita buat semua ini menyenangkan.

Google+ Badge