Rabu, 05 Januari 2011

Nyalakan (seni) Tradisimu!

Tahun 2008, muncul sebuah laporan setebal 600 hal., “Masa Depan Hari Ini”, mengungkap secara detail perjalanan dan lika-liku program revitalisi seni tradisi dan pertunjukan lokal di Indonesia. Beberapa temuan penting dari laporan

tersebut adalah betapa sulitnya melakukan revitalisasi seni tradisi dan pertunjukan lokal tanpa memperhatikan, menyertakan, atau bahkan menyiapkan konteks atau lingkungan pendukungnya, dan menjadikan anak muda sebagai ‘subjek’ dari pada sekedar ‘objek’ revitalisasi. Dengan kata lain, anak muda bukan hanya sebagai target untuk ‘diwarisi’ seni tradisi, tetapi sebagai subjek-pelaku yang punya keinginan, harapan, kreativitas, dan sikap terhadap seni tradisi dan lokal yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Pada tahun yang sama, Kampung Halaman, yang didukung oleh Ford Foundation, merespon catatan penting dari laporan tersebut dengan membuat program “Anak Muda dan Seni Tradisi”. Kampung Halaman bersama remaja di Dusun Tembi (Bantul, Yogyakarta), Desa Singgahan (Pulung, Ponorogo), Denpasar (Bali), Jatibarang (Indramayu) memproduksi sebuah video komunitas yang mengungkap kondisi kesenian tradisional dan lokal (termasuk adat) yang hidup di sekitar mereka, bagaimana pengalaman, suara, dan sikap mereka terhadap kesenian tradisional.


Satu tahun kemudian, 2009, munculah ide untuk mengintegrasikan hasil ‘Penelitian Revitalisi Seni Tradisi dan Pertunjukan Lokal di Indonesia’ dengan program ‘Anak Muda dan Seni Tradisi’ melalui satu program sosialisasi dan publikasi laporan,berupa: e-book, e-graphic novel book, dan video dokumenter kolaboratif yang menceritakan jalan dan konteks program ‘Anak Muda dan Seni Tradisi’ di Tembi (Yogyakarta), Singgahan (Ponorogo), dan Tambi (Indramayu).


Di awal tahun 2011, Kampung Halaman mengundang Anda pada acara NYALAKAN (seni) TRADISIMU!

PEMBUKAAN, 7 Januari 2011, pukul 15.00-18.00 WIB Halaman dan Lobby Societet, TBY, Yogyakarta. Jln. Sriwedani no. 01 PERFORMANCE ART, PAMERAN, VIDEO DOKUMENTER, CAFÉ GAUL, PELUNCURAN KOMIK dan E-BOOK, BAGI-BAGI 100 TIKET GRATIS PERTUNJUKAN “Pangeran Bintang dan Putri Embun” .

DISKUSI, 8 Januari 2011, pukul 15.00-18.00 WIB Ruang Perpustakaan Lama (sebelah Lobby Societet), TBY, Yogyakarta. Jln.
Sriwedani no. 01 bersama AFRIZAL MALNA (sastrawan dan kritikus seni pertunjukan) dan IFA ISFANSYAH (sutradara “Garuda di Dadaku”).

Kampung Halaman juga mengajak seluruh anak muda (SMU dan sederajat) menulis peristiwa NYALAKAN (seni) TRADISIMU! Pendapat, kesan, esai foto, …atau apapun!
Ayo, kirimkan tulisanmu! Ditunggu hingga tanggal 31 Januari 2011. Maks. 1000 kata, kirim ke: nyala_tradisi@yahoo.co.id (dua hadiah utama @ Rp.750.000,-).

Melalui peristiwa ini, diharapkan upaya dan proses menempatkan anak muda sebagai subjek revitalisasi seni tradisi dan menggenali seni tradisi melalui proses yang lebih partisipatoris dan menyenangkan bisa lebih dihayati oleh publik yang lebih luas. Upaya ini bukan upaya memuja-muja masa lalu, menangisi tradisi, tetapi upaya menyimpan dan memercikan semangat dari masa lalu dengan mengenali kondisi saat ini. Dengan kata lain: UPAYA MENYIMPAM API, BUKAN MEMUJA ABU.

via Kampung Halaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita buat semua ini menyenangkan.

Google+ Badge