Rabu, 12 Januari 2011

Jogja 11.1.11

Jogja memang tidak pernah sepi dalam urusan agenda kegiatan kesenian. Banyak orang memanfaatkan moment 11.1.11 untuk membuat acara, salah satunya adalah konser Frau "simplement frau" yang diadakan di Lembaga Indonesia Perancis (LIP) dan juga pameran poster World Silent Day di Bentara Budaya Yogyakarta.

Dalam konser simplement frau, Frau membawakan komposisi yang belum pernah dipublikasikan. 9 lagu ia bawakan, 8 lagu baru dan satu buah lagu yang ada di album kompilasi Jogja Istimewa. Berbagi cerita melalui sebuah lagu, Frau membagi pengalamannya melalui lagu-lagu itu. satu lagu yang paling menarik adalah komposisi ke-2 'water' yang ia bawakan. ia menceritakan tentang sesorang yang pernah ia temui, bersenandung tentang perempuan bersama anaknya. Sayang konser tersebut tidak terlihat 'oskar' yang menjadi salah satu identitasnya selama ini. Sebagai gantinya sebuah grand piano mengiringinya dengan tata artistik lampion yang menggantung diatasnya. Semoga saja dia tidak melupakan 'oskar'.

panggung tanpa oskar

Setelah beranjak dari LIP acara kedua yang saya datangi adalah pameran poster World Silent day yang ada di Bentara Budaya. Diskusi di sana sudah dimulai, Ong Hari Wahyu sebagai pembicara -orang ini begitu banyak inspirasinya- membuat suasana diskusi menjadi lebih menyenangkan. Dalam pemaran tersebut juga ada sebuah buku menarik, do good design. Kata mbaknya yang jaga, sebagian dari penjualan buku itu akan disumbangkan ke Merapi, jadilah saya membeli satu buku yang memang setelah saya baca 7 halaman depannya memang sangat menarik. Peran seorang desainer agar bisa bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, seperti itulah isi buku merah itu. Ada ritual khusus yang diadakan setelah diskusi berlangsung, peserta masing-masing ikut menyalakan lilin sebagai dukungan World Silence Day kemudian memakai topeng untuk di foto bersama.

salah satu poster di World Silent Day
Dan, itulah penutup 11.1.11 bersama kura-kura cepat melesat di jalanan jogja, bersepeda tanpa keringat. Anehnya tepat di depan hotel Garuda Malioboro mp3 player pas sekali memutar lagu Yogyakartanya Kla Project, padahal tidak diatur karena saya lebih suka mengacak playlist lagu.

....Masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat, penuh selaksa makna. Terhanyut aku akan nostalgia..... Jogja 11.1.11

1 komentar:

  1. weee... dulu dateng di World Silence Day juga mas..?
    tpi kita saat itu belum kenal yak..? :D

    BalasHapus

Mari kita buat semua ini menyenangkan.

Google+ Badge