Senin, 31 Januari 2011

Sandiasma


Mau sedikit berbagi pengalaman setelah mendapat ilmu baru dalam penulisan. Tulisan ini terinspirasi dari mas Goenawan Maryanto yang mau membalas setiap twitnya tentang Sandiasma.

Sandiasma dari namanya memang sudah berbau Jawa sekali. dari perbincangan yang singkat melalui twitter akhirnya saya tahu artinya bahwa Sandiasma merupakan salah satu tehnik (rumus kalo kami bilang di twiter) menulis yang ada di Sastra Jawa, caranya adalah menggunakan huruf depan sebagai awalan kalimat. Langsung saja ke contoh biar bisa tahu sedikit.

Contoh yang diambil menggunakan kata “1000 Burung Kertas” (perhatikan huruf pertama yang akhirnya membentuk 1000 burung kertas)

1000 cerita, kekasih
Berlompatan dari dadamu
Ubah hari yang kering
Rindu yang gering
Untuk kami yang tak pernah patah
Nafas barang sekejap
Gemetar hati kami
Karena cintamu yang tak habis
Elan dari langit
Rahasia yang tak mampu kami kuak
Tapi dengan sederhana
Abar kaubongkar
Satu persatu


Sebelumnya mas Gunawan Maryanto mengetahui 1000burungkertas merupakan kegiatan sosial yang sedang kami bangun, jadi isi yang ada menyesuaikan dengan arti dari 1000burungkertas itu.

Selain menggunakan huruf pertama, ternyata tehnik Sandiasma juga bisa menggunakan huruf terakhir atau huruf tengah kata. Dan juga masih menurut mas Goenawan Maryanto, setiap kata harus terjaga koherensinya. “kata tetap harus memiliki arti. sandiasma tak hanya di depan. itu yang paling sederhana.” begitu kata mas Cindil (panggilan akrabnya untuk seorang yang meraih Khatulistiwa Award 2010 untuk karya puisi). dan juga menurutnya Sandi Asma juga terdapat dalam sastra barat, jika ada yang tahu istilahnya boleh share disini :)

Biasanya sandiasma, akan mudah ditemui pada sastra jawa seperti yang terdapat dalam tembang-tembang jawa. Pencantuman sandi asma tersebut dapat ditemukan pada karya-karya atau tembang-tembang yaitu , Serat Jayeng Baya, Serat Wirid Sopanalaya, Sabda Pranawa, kalatidha dan Jaka Lodhang.

sayang karena literasi yang saya dapat belum cukup, jadi sampai sini dulu.Ssekedar ingin berbagi karena baru dapat ilmu baru yang sebenarnya sudah ada sejak dulu. Mumpung masih ingat. Terima kasih buat mas Gunawan Maryanto untuk ilmunya dini hari ini. sudah saya coba dan ternyata membutuhkan 15 menit pertama untuk membuat sandiasma pertama dari nama sendiri. Silahkan buat temen-temen yang mau mencoba menggunakan tehnik Sandiasma ini, bisa dicoba menggunakan nama sendiri atau nama teman seperti yang saya lakukan. Jika ada yang mau menambahkan saya sangat berterimakasih.

sumber: macapat

twiter mas Gunawan Maryanto : @gunawanmaryanto

jangan lupa follow 1000burungkertas juga

puisi 1000burungkertas juga dari mas Gunawan Maryanto, dan sudah di verifikasi olehnya.

Dapat tambahan dari Mas Ouda dan sangat membantu: bisa di lihat di link ini ‘acrostic’ istilah dalam sastra barat

2 komentar:

  1. Mana contoh lainnya? kenapa g bikin sandiasma dari namamu sendiri?

    BalasHapus
  2. Sudah di bikinin sama temen dari Bandung nih sandiasma namaku hehehe

    Ganteng
    Unik
    Gagah
    Uampun
    Narsis

    hahahhahaha

    dari: Rahmi

    BalasHapus

Mari kita buat semua ini menyenangkan.

Google+ Badge